Friday, October 31, 2014

Kategori: , ,

Cerita Kampung Blogger Merintis Usaha Bisnis Online

perintis-kampung-blogger-magelang

Cerita Kampung Blogger merintis usaha bisnis online hingga sukses. Bagi para sahabat blogger kita di Magelang sana tepatnya di Desa Menowo di mana "KAMPUNG BLOGGER" didirikan kegiatan ngeblog merupakan aktifitas peluang usaha yang sudah ditekuni mereka sejak lama. Anggotanya saja hingga kini sudah mencapai 3.000 lebih dan tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Mereka yang datang ke Kampung Blogger dan ingin belajar di sana tidak hanya dari sekitar Magelang saja, namun bayak juga mereka yang berasal dari luar daerah sengaja datang khusus untuk belajar banyak dari Mas Sumbodo Malik sebagai pendiri Kampung Blogger.

Sumbodo yang dulunya bekerja di Jakarta dan punya hobi merakit komputer ini, terjun dan menekuni kegiatan ngeblog sejak 2010 silam. Kemudian Ia memutuskan pulang kampung ke Magelang dan melanjutkan kegiatan blogging di kampung halamannya di Menowo. Sebelumnya Sumbodo serta rekan-rekan kerja yang diajaknya ngeblog juga menekuni kegiatan bisnis online tersebut saat masih di Jakarta, beberapa rekan kerjanya satu persatu keluar dari perusahaan setelah berhasil mendapatkan income yang lumayan dari bisnis online mereka. Sehingga Sumbodo sendiri memutuskan untuk mudik dan akhirnya mendirikan Kampung Blogger.

sejarah-kampung-blogger-magelang

Agar orang lain percaya ada saat dimana mereka membutuhkan bukti nyata, begitupun yang dilakukan Sumbodo. Tidak dengan bermaksud pamer, ketika pulang ke Magelang Ia membeli mobil dan motor sebagi bukti dari hasil kegiatan nge-blognya. Sehingga akhirnya teman-teman sekampungnya percaya dan mengikuti jejak Sumbodo. Ada satu kejadian unik, lucu dan menegangkan dari perjalanan Kampung Blogger, saat di mana mereka dikira sebagi teroris. Ada sebagian pihak yang mengira bahwa mereka adalah anggota teroris, alasannya karena penghasilan yang didapatkan dari kegiatan nge-blog di internet lumayan besar. Namun setelah dijelaskan seperti apa kegiatan yang dilakukan Sumbodo dan anggotanya di internet, akhirnya masyarakatpun percaya, dan anggota Kampung Blogger mampu melewati saat-saat yang sedikit menegangkan itu.

kisah-kampung-blogger

Bahkan hingga kini yang menjadi anggota Kampung blogger tidak hanya Sumbodo bareng teman-temannya saja, namun ibu-ibu rumah tangga, anak-anak putus sekolah, bahkan termasuk anggota polisi dan tentara ada juga yang ikut nge-blog. Sumbodo dan anggota lainnya menerapkan sebuah prinsip atau aturan " YANG BISA WAJIB MENGAJARI YANG TIDAK BISA", menarik bukan?

Berbagi ilmu, wawasan dan pengetahuan sudah merupakan kegitan sosial yang dilakukan Kampung Blogger beserta para anggotanya di manapun mereka berada. Kegitan tersebut saya rasa patut untuk kita contoh. Simak cuplikan video klip berikut tentang kampung blogger.


Artikel berikut ini mungkin perlu dibaca:
#BELAJAR MEMBUAT BLOG ITU SEBENARNYA TIDAK SULIT

Dijaman persaingan ketat dan keterbatasan lapangan kerja, ngeblog mungkin dapat dijadikan salah satu pilihan terbaik. Kegiatan ngeblog ini bisa dibilang sebagai peluang usaha yang modalnya relatip, bahkan hanya bermodal 300-500 ribuan saja kita sudah bisa mendapatkan domain dan hosting sendiri. Namun seperti yang juga diungkapkan Sumbodo sebagi pendiri Kampung Blogger, bahwa untuk meraih sukses dari bisnis online ini memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Tetap butuh kemauan keras, niat yang kuat, juga kesabaran dan ketekunan. Bagaimana apakah Anda tertarik? Yuk kita Nge-blog...!



36 comments :

  1. saya pengen belajar blog. bagaimana yah supaya blog yang saya buat menjadi rame.? dan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk ngeblog bisnis atau menhasilkan uang dari sebuah blog? saya masih bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Omarwati Rahardjo, terimakasih untuk kunjungannya Om. Untuk tips dasar ngeblog ada beberapa artikel yang bisa dibaca dan bisa anda cari di blog ini barangkali tulisan tersebut bisa membantu.

      Delete
  2. Replies
    1. @Omarwati Rahardjo, menurut saya kunci utama kita sukses ngeblog adalah tekun, sabar, dan jangan pernah berhenti belajar serta bekerja sama dengan blogger lain. Semoga sukses Om.

      Delete
  3. Mohon infonya mas. Ada contactnya ga di kampung blogger. Saya berniat kesanw untuk belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ryandanu Nabil, datang saja ke kota magelang tepatnya di Desa Menowo sudah banyak yang tahu ko Gan, semoga sukses.

      Delete
    2. klo sudah masuk desa menowo harus kemana dan bertemu siapa mas..?saya tertarik sekali buat blajar dsana...

      Delete
    3. @ulfah regiarti, coba tanya saja untuk bisa bertemu Mas Sumbodo.

      Delete
    4. Mas bagaimana caranya agar saya bisa berkomunikasi dengan mas sumbodo malik. Dan kalau boleh mas saya mau minta pin bb atau email atau juga no hp nya mas sumbodo malik.saya sangat berminat dengan bisnis online ini mas. Mohon konfirmasinya ya mas

      Delete
    5. @Donie Tata, sebaiknya untuk informasi lebih jelas agan datang saja langsung ke kampung blogger, tepatnya ke komplek perumahan departemen kesehatan desa menowo Magelang.

      Delete
  4. untuk bisa bljr minimal sklhny apa mas? trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hariri Gemblung, terimakasih untuk pertanyaanya. Soal pendidikan kalau menurut saya hal itu bersifat relatif. Banyak ko sahabat kita yang sukses menjadi blogger hanya dengan belajar secara otodidak. Yang paling utama menurut saya pribadi harus ada kemauan untuk mencoba dan berusaha terlebih dahulu. Cepat salah cepat memperbaiki, daripada berpikir terlalu lama tapi terlambat.

      Delete
  5. Tapi mas saya ini tinggal di medan sumatera utara mas. Apa saya tidak bisa minta email atau pin bb nya mas subondo mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Donie Tata, mungkin saya bisa membantu agan dengan cara lain. Silahkan sampaikan via email di Contact me untuk kesulitan yang mungkin bisa saya bantu.

      Delete
  6. Terima kasih kang Apif Fuloh sangat ispiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Travel Umroh & Haji DENATOUR, trimakasih untuk kunjungannya gan.

      Delete
  7. untuk belajar nge blogg sama mas sumbodo itu ga bisa olnine gitu ya mas???
    aku pengen banget bisa, dan pengen banget sukses sperti mas sumbodo dan kawan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nina Lestari, sebenarnya sih bisa saja, namun karena kesibukan membagi waktunya yang mungkin sulit.Untuk belajar dasar seputar blogging mungkin saya bisa sedikit membantu, untuk lebih lengkapnya silahkan sampaikan via email di contact me.

      Delete
  8. bagaimana saya bisa belajar di kampung blogger itu mas?
    proses dan alurnya bagaimana mas?
    aku pengen bgt ikut mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rahmat Wahyu, lebih jelasnya untuk siapa saja yang ingin belajar di kampung blogger sebetulnya anda tinggal datang saja ke sana. Banyak rekan-rekan senior yang tentunya akan bersedia membantu.

      Delete
  9. saya pengin blajar ky mas, biar warga di desaq ga bayak yang merantau, biar ga bayak SAREMnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nur kholif, semua rekan blogger yang sekarang sukses awalnya juga dari belajar. Untuk mencapai keberhasilan tentunya tetap butuh waktu dan proses yang tidak cepat. Selamat belajar, semoga diberikan kemudahan.

      Delete
  10. saya dimaz dr cirebon udh pernah bikin tulisan di blog tp ko wktu coba di cari di google ga keluar kecuali diketik alamat lengkapnya.itu knp ya? trus klo bisa menghasilkan uang dr blog saya bgmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hoki Gue, Mungkin blognya baru ya gan? Untuk memenangkan persaingan di mesin pencari tentu semuanya butuh proses termasuk waktu. Saran saya lebih baik konsen aja sama kegiatan update artikelnya. Lebih rutin lebih baik

      Delete
    2. saya mau donk di ajarin biar kayak mas sumbodo malik dan kawan2.
      langkah pertama yang harus saya lakukan apa?
      terima kasih...

      Delete
    3. @andre suryo, sebetulnya dengan blogspot agan bisa belajar atau bahkan serius. Banyak ko blogger yang sukses meraih dollar atau bisnis online lainnya hanya pake blogspot gratisan milik google. Sebab meski pake custom domain sendiri jika pengelolaannya tidak serius, tidak ada jaminan bisa sukses juga ko gan. Jadi untuk yang ingin belajar pake blog gratisan di blogspot, tentu wajib punya gmail, silahkan buat dulu emailnya di google. Untuk tahap selanjutnya membuat blogspot, jika merasa kesulita bisa hubungi saya di Contact me.

      Delete
  11. mas..saya uda coba daftar bikin blog..tp ko ga bs2... memang saya baru mas.tp pngen buat blog.ttg pnyakit yg pernah saya derita.. ini email saya utaru89@Yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @udin youtube, maaf masih belum jelas pertanyaanya. Buatnya blognya dimana? Di blogspot atau daftar di hosting tertentu? Kalau belajar buat blognya di blogger, bikin saja emailnya dulu di google, kalau sudah login dengan email baru tersebut, kalau masih kesulitan ketikan aja kata "blogger" di kotak pencarian pada browser, lalu klik tautannya nanti akan masuk ke dashboard blogger, terus klik menu buat blog baru. Untuk lebih jelas lagi tentang panduannya silahkan kirim pertanyaan di menu contact me, timakasih.

      Delete
  12. disana ada model kayak kursus atau tidak ya? dikampung blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @achmad azis, banyak teman-teman baik di kampung blogger yang bersedia membantu siapapun yang mau belajar. Bagi yang kebetulan ingin belajar secara online mungkin saya bisa membantu, bisa hubungi via contact me.

      Delete
  13. Saya mau blajar lbih terperinci lgi biar sya pham betul 100% klau bisa mintk email/ tlfon

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ujang bah, trimakasih untuk kunjungannya, untuk konsultasi tentang blogging dengan saya silahkan sampaikan melalui email di menu contact me.

      Delete
  14. Saya baru di dunia blogger nih mas..minta saranya gimna mningktkn trafik pd blog kita,,trm ksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @godongbudin, terimakasih untuk kunjungannya. Nafas hidup blog memang ditentukan oleh trafik, terutama website yang dimonetisasi dengan adsense. Dalam hal meningkatkan trafik sangat dibutuhkan kesabaran dan waktu dalam prosesnya mas. Promosi tentu merupakan sebuah cara yang termasuk tips untuk meningkatkan trafik. Promo diberbagai sosmed, forum, turut berperan baik dalam hal tersebut. Bahkan jika perlu dan serius mengelola bisnis online promosi dengan menggunakan iklan berbayar boleh dikatakan penting.

      Delete
  15. Hallo admin salam kenal sebelumnya, maaf ikut - ikutan nimbrung nih saya tertarik sekali dengan blog dan saya ingin sekali memiliki blog yang oke berkualitas gemana caranya? apa yang hrus dilakukan bagi blog pemula seperti saya, untuk menulis sebuah artikel yang tertata dan tentunya biar terlihat oke ? terimaksh sebelumnya atas ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Supri Haryanto, Soal kualitas blog pastinya akan butuh waktu bagi publik untuk menilainnya. Mengenai tulisan, membiasakan selalu membaca ulang sebelum posting, dan belajar dari melihat bagaimana cara blogger sukses membuat tulisan di situs mereka, mungkin itu bagian dari pekerjaan yang baik untuk dilakukan. Yang penting selalu ada keinginan untuk belajar dari setiap kesalahan kemudian berusaha memperbaikinya.

      Delete

 

Capricorn

Aquarius

Pisces

Aries

Taurus

Gemini

Cancer

Leo

Virgo

Libra

Scorpio

Sagitarius