Friday, June 3, 2016

Kategori: ,

Ternyata Filosofi Kopi Bisa Membuat Orang Menjadi SUPERMAN!

filosopi-kopi
Tahukah Anda, ternyata dibalik Filosofi Kopi ada pelajaran yang sangat berharga dan bijak tentang tujuan hidup? Mencapai kesejahteraan dan memiliki banyak kekayaan seolah sudah merupakan tujuan utama dalam sejarah perjalanan hidup manusia.

Tidak dapat dipungkiri, dengan memiliki banyak kekayaan seperti uang misalnya, manusia akan lebih dimudahkan untuk bisa mendapatkan dan melakukan apapun yang diinginkannya. Begitu juga dengan pangkat dan kedudukan. Banyak orang cenderung akan lebih menghargai dan menghormati mereka yang berpangkat dan berkedudukan tinggi di kehidupan sosialnya.

Namun tahukah Anda? Ternyata kekayaan dan kedudukan tinggi bagi sebagian orang yang memilikinya, malah sering membuat diri mereka merasa tertekan dan menjadi stress. Kondisi stress inilah yang banyak dialami oleh mereka yang hidupnya justru terlihat lebih mapan dan sejahtera.

Mungkin ada dari Anda yang bertanya. Mengapa orang yang hidupnya sejahtera dan kaya ko bisa stress? Nah justru alasan itulah yang akan dijawab oleh Filosofi Kopi, tentang mengapa seseorang yang hidupnya sejahtera namun seringkali mengalami berbagai tekanan, sehingga Ia menganggap bahwa kekayaan dan kedudukan tinggi yang dimilikinya itu, tidak membuat hidupnya lebih senang dan bahagia dari orang lain.

Ketika tanpa disadari kita melangkah salah arah dan tujuan, pastinya bisa samapai kemanapun tanpa diduga. Seperti saat kita disibukan dengan kerja keras, berharap mampu memperbaiki kualitas hidup dimasa depan akhirnya lupa padatujuan hidup sebenarnya, yaitu menikmati hidup itu sendiri.

Filosofi Kopi mengingatkan kembali tujuan hidup manusia. Saat kita hendak ngopi bersama, niat dan tujuannya tentu ingin menikmati kopi. Namun pada kenyataanya, manusia malah berebut ingin mendapatkan cangkir terbaik yang paling mewah dan terlihat mahal. Ketika beberapa orang mendapatkan cangkir yang dianggap terbaik, mereka yang kebagian cangkir biasa dan sederhana merasa iri dalam hati. Sehingga tidak sadar rasa iri itu menjadikannya kecewa dan marah, bahkan beberapa diantaranya sampai stress, sebab kecewa cangkir kopi yang didapatnya ternyata yang paling murah dan jelek.

Lalu mulailah terjadi perselisihan, dan saling membenci, sebab masing-masing ingin mendapatkan yang terbaik bagi dirinya sendiri. Mereka jadi lupa pada tujuan semula untuk menikmati kopi bersama, malah ribut hanya gara-gara gelas yang mereka dapat tidak sama. Padahal gelas semahal atau semewah apapun, toh pada kenyataanya tidak dapat merubah rasa kopi, tidak akan pernah bisa merubah kualitas kopi. Mau pake gelas antiq yang mewah atau gelas biasa yang sederhana sekalipun, rasa kopi yang diseduh tetap sama. Jadi mengapa mereka harus berebut cangkir terbaik, jika tujuannya untuk menikmati kopi.

Seperti itulah Filosofi Kopi mengajarkan kita untuk mengingat kembali tujuan hidup. "Tujuan manusia hidup adalah untuk menikmati hidup". Hidup yang nikmat adalah hidup yang dipenuhi rasa kebahagiaan. Untuk mencapai tujuan itu maka ;
"Hiduplah dengan damai, Bicara yang ramah, Mencintailah dengan tulus, dan Peduli pada sesama"
Menjadi apapun manusia, apa saja profesi yang sedang dijalani, nikmati dengan penuh rasa syukur. Jangan berebut kedudukan ataupun materi, tidak perlu iri pada apa yang orang lain miliki. Tidak ada dari kita yang sempurna, karena kesempurnaan terjadi dengan menyatunya segala kekurangan untuk saling melengkapi. Mulailah peduli pada orang-orang disekitar, berdamailah dengan pikiran dan hati untuk belajar menerima semua keadaan. Bekerjalah dengan sepenuh hati, cintailah orang-orang yang setiap hari berada di hidup kita, damailah dalam kebersamaan sebab tanpa orang lain kita bukanlah apa-apa.

Bahagia itu ada dalam rasa, bukan pada bentuk fisik. Nikmat itu ada dalam rasa bukan pada bentuk materi. Maka kebahagiaan dan nikmat itu hanya bisa dirasakan, tidak bisa dibeli dengan uang ataupun ditukar dengan harta benda. Maka Filosofi Kopi mengajarkan manusia untuk kembali pada tujuan, yaitu memelihara rasa, sebab kebahagiaan dan nikmat hidup ada dalam rasa, bukan pada apa yang dimiliki. Lakukan yang terbaik, bukan untuk mendapatkan yang terbaik, itulah nikmat hidup.

0 comments :

Post a Comment

 

Capricorn

Aquarius

Pisces

Aries

Taurus

Gemini

Cancer

Leo

Virgo

Libra

Scorpio

Sagitarius