Wednesday, May 13, 2015

Kategori: , ,

Cara Mengeluarkan Jarong Black Opal Sempur

cara-mempercepat-jarong-black-opal-keluar
Cara mengeluarkan jarong black opal sempur dengan treatment. Jarong adalah ciri khas dari batu mulia kalimaya atau black opal. Berupa warna warni seperti pelangi yang muncul dari dalam batu akik tersebut. Secara alami jarong black opal keluar dengan sendirinya saat umur batu tersebut sudah sangat tua. Tetapi karena black opal yang asli harganya sangat mahal, kini di kalangan para penggemar batu akik tanah air, banyak pengerajin batu mulia yang mencari bahan sempur untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan black opal.

Sempur atau batu fosil ini terbuat dari pohon kayu yang telah tertimbun di dalam tanah selama ratusan, ribuan, bahkan hingga jutaan tahun lamanya. Sehingga tekstur fosil kayu tersebut menjadi sangat keras persis seperti kekerasan batu biasa. Fosil atau yang dikenal sebagai sempur inilah yang sekarang banyak dijadikan sebagai bahan utama sebagai alternatif untuk dibuat menjadi batu mulia black opal.

Namun menurut para pengerajin batu akik yang sudah berpengalaman, tidak semua sempur atau fosil kayu bisa dijadikan sebagai bahan black opal. Hanya sempur yang di dapatkan dari daerah Banten Jawa Barat saja yang dapat dibuat menjadi black opal, sebab mampu mengeluarkan jarong layaknya black opal asli. Sementara batu fosil atau sempur yang didapatkan dari daerah lain belum tentu bisa mengeluarkan jarong.

Bahkan bahan sempur yang berasal dari daerah Banten juga, tidak semua bisa mengeluarkan jarong. Oleh sebab itu dalam membeli dan memilih bahan sempur untuk dibuat menjadi black opal ini harus sangat teliti, kalau perlu lebih baik bertanya kepada mereka yang sudah ahli. Untuk menghindari agar akhirnya nanti anda tidak kecewa. Menurut para pengerajin batu akik black opal, ada cara khusus agar jarong black opal sempur cepat keluar, yaitu dengan melakukan beberapat treatment.

Trik cara mengeluarkan jarong black opal sempur ini banyak sekali, bahkan caranya berbeda-beda. Namun kali ini saya hanya akan berbagi salah satu cara saja, yang menurut salah seorang pengerajin batu black opal cara ini sudah terbukti berhasil. Treatmen ini katanya tergolong ektreem sebab dilakukan dengan cara yang cukup keras yaitu dibakar.
treatment-jarong-black-opal

Cara Mengeluarkan Jarong Black Opal Sempur




  • Penting untuk memilih bahan sempur dengan sangat teliti, jika memungkinkan pastikan sempur atau fosil kayu tersebut berasal dari Banten. 
  • Jarong pada black opal sempur lebih sering keluar pada bagian lapisan bahan yang sedikit menyerupai lumpur.
  • Bahan sempur yang baik biasanya yang sudah terdapat bercak putih atau lebih dikenal dengan jely. Dari jely yang berupa garis atau bercak putih itulah yang nantinya akan berubah menjadi warna warni seperti pelangi yang disebut jarong black opal.
  • Jika sudah mendapatkan bahan sempur yang baik, kemudian bentuk menjadi batu akik sesuai keinginan.
  • Haluskan permukaan batu dengan amplas hingga rata dan halus agar pori-pori batu terbuka.
  • Selanjutnya rendam batu yang telah dibentuk dan dihaluskan di dalam minyak selama kurang lebih 2 jam. Bisa menggunakan minyak kelapa, jaitun, atau baby oil.
  • Jika sudah angkat batu dan bungkus menggunakan alumunium poil.
  • Bakar batu di atas bara api sedang selama 2 hingga 3 menit. Cara ini dilakukan untuk mengeluarkan kadar air yang terdapat di dalam batu sempur black opal. PERHATIAN! Jangan membakar batu di atas bara api terlalu lama, sebab batu justru bisa berubah warna, retak, bahkan pecah.
  • Berikutnya angkat batu lalu dinginkan hingga benar-benar dingin. Setelah itu masukkan kembali batu yang telah dibakar ke dalam minyak kurang lebih 1 hari.
  • Lihat dan perhatikan, apakah garis atau bercak putih yang seperti jely sudah keluar? Jika belum ulangi cara di atas hingga bercak putih muncul dan keluar semakin banyak.
  • Setelah bercak putih tampak semakin banyak, lalu rendam batu di dalam minyak jaitun atau baby oil.
  • Jemur batu tersebut setiap hari di terik matahari selama 2 atau 3 jam, setelahnya masukkan kembali ke dalam minyak.
  • Ulangi penjemuran di terik matahari dan perendaman batu di dalam minyak hingga semua jely putih keluar menjadi jarong berupa warna warni seperti pelangi.
  • Meskipun cara ini tergolong cara ekstreem, namun tetap memerlukan waktu cukup lama dalam prosesnya, sekitar 1 hingga 2 bulan agar jarong black opal sempur cepat keluar. Itupun tergantung kualitas bahan sempur yang dibuat.
black-opal-sempur-banten

Bagi anda yang hoby mengkoleksi batu mulia black opal, serta penasaran dengan trik yang telah dijelaskan di atas, silahkan untuk mencobanya. Namun pastikan bahan sempur tersebut berkualitas baik, dan anda dapatkan asli sempur yang berasal dari daerah Banten Jawa Barat.

Meskipun black opal ini terbuat dari bahan sempur atau fosil kayu, namun jika jarong warna warninya sudah keluar, maka keindahan  dan harga black opal sempur ini juga cukup lumayan. Dikalangan para pencinta batu akik, harganya dibandrol sekitar 500 ribu rupiah hingga 1 juta lebih, tergantung kualitas jarong black opal tersebut.

0 comments :

Post a Comment

 

Capricorn

Aquarius

Pisces

Aries

Taurus

Gemini

Cancer

Leo

Virgo

Libra

Scorpio

Sagitarius