Monday, December 1, 2014

Kategori: , ,

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Jadi Lampu Gantung

lampu-gantung-botol
Kerajinan tangan dari botol bekas menjadi lampu gantung unik. Daripada dibuang sayang, botol bekas dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan kreatif di rumah. Jika di artikel sebelumnya saya membahas cara membuat lampu hiasan dari kardus bekas, kali ini ingin berbagi bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas menjadi lampu gantung yang menarik. Mungkin selama ini keberadaan lampu pada setiap ruangan di rumah Anda hanya berfungsi untuk menerangi saja, padahal dengan memanfaatkan botol bekas Anda dapat menjadikan lampu sebagai hiasan yang dapat mempercantik ruangan tersebut.

Selain menambah keindahan dan terlihat lebih artistik, dana yang dikeluarkan untuk membuat lampu gantung keren ini juga tidak memerlukan biaya mahal. Meski dibuat menggunakan bahan dari botol bekas, namun jika kreatif memberikan sentuhan seni pada lampu gantung ini, hasilnya tetap akan terlihat memiliki kesan elegant. Cara membuat lampu gantung dari botol bekas ini sebetulnya tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan sedikit kehati-hatian saja, sebab bahan yang digunakan terbuat dari kaca.

Baca juga artikel terkait:

Membuat Lampu Gantung Dari Botol Bekas

Peralatan yang dibutuhkan:

  1. Tali kain wall
  2. Gerinda dan amplas
  3. Spirtus
  4. Korek api
  5. Wadah untuk tempat air
  6. Kaos tangan dan kacamata
  • Jika semua alat dan bahan sudah dipersiapkan selanjutnya memulai proses pembuatan lampu. Ikat botol dengan benang wall hingga kuat.
botol-bekas

  • Teteskan cairan spirtus hingga membasahi sepanjang tali yang telah diikatkan.
  • Lalu bakar bagian tali tersebut hingga semua bagian tali yang mengikat botol berapi.
  • Biarkan beberapa saat agar memanasi bagian botol yang terikat.
botol-bekas-untuk-lampu-gantung

  • Jika dirasa api sudah sempurna memanasi sepanjang tali, ketika masih panas botol langsung di masukan ke dalam air sambil di pukul sedikit-sedikit bagian ujung botol dengan kayu, atau bisa juga ditekan supaya patah menjadi dua bagian.
kerajinan-tangan-botol-bekas

  • Selanjutnya rapikan bagian sisi botol menggunakan gerinda halus atau amplas kaca.
  • Siapkan stand lampu, lampu, colokan listrik, dan kabel.
  • Kemudian pasang lampu tarik bagian ujung kabel ke dalam botol.
  • Pasang colokan listrik dengan kabel.
lampu-gantung-dari-botol

Terakhir pasang lampu gantung di tempat yang telah disiapkan. Cukup mudah bukan? Buat Anda yang tertarik dan ingin mencoba membuat kerajinan tangan dari botol bekas menjadi lampu gantung cantik ini saya sarankan untuk hati-hati saat mengerjakannya. Gunakan kaca mata dan sarung tangan agar tangan dan mata terlindung dari api dan ketajaman sisi kaca botol sebelum dihaluskan.

0 comments :

Post a Comment

 

Capricorn

Aquarius

Pisces

Aries

Taurus

Gemini

Cancer

Leo

Virgo

Libra

Scorpio

Sagitarius