Friday, September 12, 2014

Kategori:

Cara Mempercepat Speedy Internet Yang Lambat

cara-mempercepat-speedy-internet

Cara mempercepat Speedy internet yang lambat ada beberapa tips. Sebagi pelanggan Speedy internet belakangan ini saya merasa koneksi internet speedy sepertinya menjadi sering lambat. Karena saya hanya menggunakan internet untuk kebutuhan personal di rumah, jadi saya pilih paket bulanan yang 512 Mb sebab hanya itu yang paling kecil dengan bayaran bulanan sekitar 200.000,- per bulan.

Secara sistematis semestinya paket dengan kecepatan 512 Mb dan digunakan hanya oleh 1 PC seharusnya sudah cukup mumpuni untuk digunakan berselancar internet dengan cepat, namun ternyata realitanya koneksi speedy internet masih sering lambat. Memang bisa saja untuk lebih mempercepat koneksi internet saya pindah berlangganan ke paket speedy lebih tinggi seperti memilih yang 1 Gb, tapi tentu bayaran per bulan akan lebih mahal lagi menjadi sekitar 450.000,- per bulan. Rasanya tidak mungkin  jika saya harus upgrade ke paket yang 1 Gb, kecuali jika akan buka usaha warnet atau menggunakan komputer lebih dari 5 unit setiap harinya.

Ahirnya saya coba mencari cara untuk mempercepat koneksi speedy internet dengan tetap menggunakan paket yang 512 Mb. Dalam hal ini yang diakali adalah dengan mengganti DNS baik pada setting modem maupun pada setting LAN. Ternyata hasilnya lumayan memuaskan, koneksi yang tadinya lelet menjadi lebih cepat, ini bisa dirasakan ketika meloading situs-situs yang penuh dengan konten flash atau javascript. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana saya melakukan perubahan pada setting DNS tersebut, berikut rincian penjelasannya.


Mempercepat Speedy Internet Dengan Mengganti DNS

  • Sebelum mengganti DNS pada modem Speedy dan LAN, terlebih dahulu Anda harus mencari DNS yang koneksinya paling cepat.
  • Untuk mencari DNS tercepat silahkan menggunakan aplikasi Namebench.
  • Jika belum punya download softwarenya disini Namebench.
  • Ekstrak lalu install aplikasinya.
  • Jalankan Namebench, pada pilihan "Number of Queries" ganti angka 250 dengan 1.
cara-mempercepat-speedy-internet
  • Lalu pada pilihan "Healt Check Peformance" pilih Fast.
  • Klik Start Benchmark.
  • Selama menjalankan program ini jangan melakukan aktifitas browsing, tutup semua aplikasi yang terhubung ke internet, ini dimaksudkan untuk lebih mempercepat kerja aplikasi Namebench ketika mencari DNS yang paling cepat, sebab proses ini agak cukup lama juga.
  • Tunggu hingga proses selesai. Nanti akan di dapat DNS tercepat yang direkomendasikan, contohnya seperti terlihat pada gambar berikut.
cara-mempercepat-speedy-internet
  • Pada gambar hasil  Namebench di atas yang harus Anda masukkan pada setting DNS di Modem dan LAN seperti berikut.
cara-mempercepat-speedy-internet
Setting DNS pada Modem Speedy
cara-mempercepat-speedy-internet
Setting DNS pada LAN

Dengan melakukan perubahan pada setting DNS tersebut baik pada Modem atau LAN dari percobaan yang saya lakukan sendiri, dapat membuat koneksi speedy internet menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Tetapi jika ingin lebih cepat seperti speed internet dengan paket yang 1 Gb jelas itu tidak mungkin, kalau ingin sama yang Anda harus berganti paket berlangganan dari 512 Mb ke paket Speedy 1GB. Semoga membantu.

22 comments :

  1. gan apa benar bisa ngefek pakai trik ini?
    kalau benar berapa persen atau dari berapa jadi berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mochammad rizal maulana, trimakasih sudah berkenan mampir di blog ini. Kalau dari tes yang ane lakukan, perubahan DNS memiliki efek yang lumayan lebih cepat daripada setting DNS dibiarkan standar atau obtain Gan.

      Delete
    2. kok eror ya di install untuk windows xp 2, balas

      Delete
    3. @bujang lapuk, kalo di test di kompi ane yang menggunakan xp jalan ko gan.

      Delete
    4. bisa ketahuan pihak telkom ga nih

      Delete
    5. sukses gan, padahal ane cuma ganti DNS modemnya. Thanks infonya
      btw ganti DNS LANnya dimana ya? ane lupa, nyari di control panel gak ketemu juga hehe

      Delete
    6. @Aldo, dari control panel, network and internet, network connection, pilih network yang sedang digunakan lalu klik kanan, pilih properties klik internet protocol version 4 untuk win7/8

      Delete
  2. Replies
    1. @uchiha rizfy, pada pengaturan network connection, klik kanan, pilih properties lalu klik internet protocol version 4 untuk win7/8.

      Delete
  3. kok pas di start benchmark, keluar peringatan error gitu sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Oza Ramadhan, itu terjadi sebab DNS yang dipilih jaringannya sedang mengalami gangguan, coba gunakan yang lainnya.

      Delete
  4. Yth. Gan Afif.
    Sejak kemarin siang 25 Maret 2015 sampai sekarang (saat nulis 26 Maret 2015 pkl.05.55) jaringan speedy saya super lemot. Benar-benar lemot. Buka browser Google saja nunggunya lama. Apalagi buka yang lain, bahkan buka blog sendiri saja lamanya bukan main. Saya pengguna blogger lewat speedy yang gaptek. Jadi kebingungan harus berbuat apa. Sekarang download yang disarankan Gan Afif (namebench-1.3.1) juga tidak mau jalan alias mandek. Apa yang harus saya lakukan, Gan. Terimakasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dayat Iskandar, Gangguan jaringan internet speedy bisa disebabkan beberapa hal. Diantaranya bisa akibat modem yang rusak karena sudah lama dipakai atau memang karena kualitas modemnya jelek, biasanya jika modem baru saja diganti dengan perangkat yang baru, coba ganti dulu dengan modem yang berbeda. Penyebab lain bisa saja ada di bagian alat pembagi jaringan pada sirkuit milik telkom. Saran saya sebaiknya hubungi petugas telkom terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Mohon maaf baru bisa menjawab pertanyaannya.

      Delete
  5. ASS.Wr.Wb , gan cara lihat DNS nya dan ganti DNS nya di mana ya ? boleh di jelaskan dengan seksama gak ? saya bingung ni sama software NameBench nya .
    Thanx !

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dandy Jupler, untuk win7/8 buka Controll Panel lalu pilih network and internet, pilih change adafter settings. Kemudian klik kanan pada Ethernet yang digunakan dan pilih properties. Selanjutnya klik dua kali pada Internet Protocol vesrsion 4.

      Delete
  6. cara merubah DNS di windows XP .. mohon arahannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mya alisa, dari control panel cari network and internet, cari network adafter yang sedang digunakan. Lalu klik kanan pilih properties. Cari internet protocol version 4 klik 2 kali, dibawah dari obtain ubah ke use following, lalu tinggal ubah dns sesuai keinginan.

      Delete
  7. nama server saya ko berbda sama yang di gambar gan? apa emng ga harus sama gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @salich selyani, gak masalah diubah justru untuk mencari server yang bisa lebih cepat.

      Delete
  8. gan punya saya kok secondary server nya 0.0.0.0 ya gan?

    ReplyDelete

 

Capricorn

Aquarius

Pisces

Aries

Taurus

Gemini

Cancer

Leo

Virgo

Libra

Scorpio

Sagitarius